Sabtu, 10 April 2021

Beberapa Kesalahan atau Kecerobohan dalam Penggunaan (atau Saat Membawa) Kamera


Tips Memegang Kamera yang Benar
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Sabtu, 10 April 2021

Artikel ini sengaja saya tulis sebagai bonus tambahan, setelah saya ngobrol dengan seorang fotografer pemula kenalan saya. Dan ini masih satu paket dengan artikel yang sudah tayang sebelumnya; "Berbagai Kesalahan yang Jamak Dilakukan Fotografer Pemula (dan Saya salah satunya)". Sebagian besar materi dalam artikel ini, mengenai kesalahan dan kecerobohan dalam memakai kamera, pernah terjadi pada saya, dan semoga tidak terjadi pada kalian ya Sob. So, apa saja kesalahan atau kecerobohan tersebut? Silahkan disimak ya Sob:

1. Tidak berhati-hati menjaga lensa dari sidik jari atau cipratan air bahkan benturan (impact)


2. Tidak mematikan kamera pada saat mengganti lensa atau kartu memori (jujur saya sesekali pernah tanpa sengaja melakukan hal ini, untungnya kamera saya tidak sampai rusak)


3. Menenteng kamera dengan cara memegang lensanya (untuk DSLR dengan lensa ber-mounting plastik ini bisa mengundang resiko patah)


4. Memasang filter dengan memutarnya terlalu kencang (untuk lensa kit yang masih memakai sistem rotating lens seperti lensa kit Canon / Nikon 18-55mm) yang beresiko merusak motor di dalam lensa


5. Mengarahkan kamera anda ke matahari di siang hari bolong (Ingat, kamera Sobat adalah kamera foto, bukan teleskop NASA…!)


6. Meniup debu yang menempel di sensor 


(maaf Sob, ludah tidak termasuk dalam elemen pembersih kamera, kalau terciprat ke sensor, alamat kamera Sobat akan terinfeksi Covid-19). Sebaiknya Sobat gunakan cara yang lebih beradab, yaitu menggunakan peniup debu yang tersedia khusus untuk kamera

7. Sering menyimpan kamera di sembarang tempat


Kamera butuh perawatan yang baik dan harus dijaga. Tapi kalau kita menyimpan kamera di sembarang tempat yang bikin kamera jadi sering kejedot, tergesek, dan lecet, dijamin kamera tak akan berumur panjang. 

Secapek apapun Sobat setelah traveling, sempatkan menyimpan kameramu di tempat kering dan terlindungi, jangan asal taruh di tempat lembab dan rawan terkena air. 

Simpanlah kamera di tas khusus. Gunakan tas yang memiliki penyekat dan peredam benturan, dan juga tahan air.

Jika kamera masih terasa hangat atau panas karena intensitas penggunaan yang tinggi, akan lebih baik jika tidak langsung dimasukan dalam tas. Tunggu hingga suhu kamera normal terlebih dahulu. Dan kalau panasnya tidak turun-turun juga, berikan Parasetamol setiap 4 jam sekali!

8. Membersihkan kamera dengan kain berserat kasar


Masih berkaitan dengan debu, kalau kamera kita kotor, sebaiknya jangan pakai sembarang kain  untuk membersihkannya. Gunakanlah kain yang lembut dan halus.

Banyak tersedia kain lembut khusus kamera yang dapat kalian beli di toko kamera. Kain ini mirip dengan kain untuk lensa kacamata. Selain halus dan lembut, kain ini kecil sehingga memudahkan kita dalam membersihkan kamera hingga ke celah-celahnya.

9. Membiarkan baterai yang telah terisi penuh menancap di charger


Perhatikan cara Sobat saat mengisi baterai. Kebiasaan mengisi baterai hingga dayanya penuh dan terus dibiarkan lama, akan membuat baterai rusak. Beberapa orang biasa men-charge baterai menjelang tidur di malam hari, dan dicabut pada pagi harinya. 

Mulai sekarang, lebih baik Kamu jangan melakukan kebiasaan buruk itu lagi jika ingin baterai kameramu berumur panjang.

Tips Memegang Kamera yang Benar
trisoenoe.com

10. Cara memegang kamera yang kurang tepat


Kebanyakan fotografer pemula (seperti saya) melakukan hal ini, kurang hati-hati memegang kamera saat memotret.

Kebiasaan memegang kamera yang tidak benar membuat kamera rawan jatuh dan membuatnya lecet bahkan rusak.

Pastikan Sobat menggantungkan strap kamera pada leher atau lilitkan tali tersebut pada tangan, sehingga bila sewaktu-waktu cengkeraman tangan Sobat melemah entah karena keringat atau hal lain (gemetar karena menahan haus dan lapar misalnya), kamera tidak akan langsung terjatuh.

Tentu saja hal-hal seperti yang disebutkan di atas perlu dihindari guna mencegah gagalnya foto-foto penting atau hingga rusaknya peralatan Sobat. Kan sayang, saat hasil jeprat-jepret Sobat ternyata hasilnya mengecewakan karena Sobat melakukan kesalahan yang tampaknya sepele tapi efeknya ga kira-kira!

Demikianlah Sob, beberapa tips dari saya demi mencegah rusaknya kamera Sobat, semoga bermanfaat dan salam jepret!

Tetap sehat, tetap semangat, dan Ingat Pesan Ibu

Covid pasti berlalu

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar