Senin, 04 Juli 2022

Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Potongan Bagian Kelima)


Bunga, Dalam Latar Langit Hitam dan Putih
trisoenoe.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Senin, 4 Juli 2022

Selamat pagi, siang, sore, dan malam Sobat jepret se"alam semesta". Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk menyambung tulisan saya yang sudah tayang kemarin-kemarin dulu. Dan supaya Sobat tidak pusing tujuh keliling karena bingung, mampir dan bacalah tulisan saya sebelumnya yang berjudul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Celoteh Bagian Keempat)". Dan ini adalah potongan kelima, silahkan dibaca:

Menjauh di Titian
trisoenoe.com

C. Ikuti Mailing List Fotografi

Mailing list adalah sebuah perkumpulan tematik yang biasanya digagas oleh beberapa orang yang memiliki “kecanduan” pada “kegilaan” yang sama. Bentuk nya seperti grup pada facebook atau Whatsapp atau Instagram, telegram ataau banyak lagi. Tetapi biasanya “perkoempoelan” ini sifatnya “semi” terbuka karena terkait dengan banyaknya anggota dari mailing list tersebut.

Keuntungan utama dari mengikuti mailing list adalah, Sobat bisa dapat informasi yang berhubungan dengan tema grup tersebut. Selain itu, Sobat bisa juga lebih mengenal paraa suhu yang ada di sana. Para suhu tersebut bisa jadi adalah fotografer senior yang pastinya tidak akan sungkan untuk membagikan ilmunya (atau sharing hal-hal yang berkaitan dengan dunia jepret menjepret).

Ada banyak sekali mailing list fotografi yang dapat Sobat daftar dan ikuti. Mailing list ini akan sangat membantu Sobat terhadap update yang terjadi di dunia fotografi, dan juga yang hal-hal lain yang seiring sejalan dengan fotografi. Mulai dari info pameran hingga mungkin isu terbaru yang sedang hangat di dunia fotografi. Biasanya ini di-posting oleh orang-orang yang terpercaya dan juga sangat konsen di bidang fotografi, jadi jangan khawatir dengan konsistensinya.

Sobat juga bisa menggunakan sebuah hal yang agak “kurang etis” ketika menggunakan mailing list. Misaalnya saja Sobat punya usaha fotografi yang bergerak di bidang wedding. Masukilah mailing list yang berbicara tentang pernikahan, hal-hal yang beriringan seperti mailing list wedding organizer, catering, dan lain-lain. Perkenalkanlah diri Sobat sebagai fotografer yang tulen dan “ngelotok”, dan berikan kontak dan juga contoh hasil jepretan Sobat. Dijamin, Sobat akan bakalan jadi “database” bagi orang-orang yang ada di grup itu seandainya mereka ada peluang job yang membutuhkan keahlian Sobat.

Mengikuti mailing list adalah hal yang sangat dianjurkan. Dan jika Sobat sudah mendaftar dan jadi anggota dalam sebuah mailing list, jangan cuma jadi pendengar arau pengikut dengan reaksi ala “patrick star” nya Sponge Bob. Lebih cihuy kalau Sobat juga aktif berkomentar atau bahkan sesekali membagikan hasi jepretan Sobat, karena dengan begitu Bakal lebih dikenal oleh anggota mailing list yang lain. Ini akan memperbanyak Link dan juga jaringan yang Sobat miliki ke depannya.

Bunga!
trisoenoe.com

1. Ikuti Beberapa Website Fotografi Online 

Sekarang akan dengan mudah kita menemukan website yang berhubungan dengan dunia fotografi. Mulai dari yang sifatnya transaksional seperti shutter stock (di sini kita bisa membeli foto dari orang yang melakukan upload). Hingga yang sifatnya pertemanan, seperti Instagram.

Dengan banyaknya website tersebut, ada baiknya kita membuat akun di beberapa tempat tersebut. Ini juga bisa memperluas jaringan yang kita punya. Website seperti Deviantart, 1x .com adalah perkumpulan para visual artist yang saya sarankan untuk diikuti. Perbedaan website fotografi dengan blog pribadi adalah di masalah jangkauan. Ini artinya, dengan mengikuti website seperti ini, jangkauan kita akan menjadi luas. Karena khalayak ramai akan langsung dapat membagikan karya Sobat itu ke jaringan yang lebih luas. Konsepnya agak miri-mirip dengan konsep viral. Kita mengikuti dan berteman dengan orang lain, lalu kita berbagi tautan foto dan akhirnya Sobat akan mendapatkan publisitas dan juga jaringan melalui akun orang lain.

Tangga !
(dalam perspektif hitam putih)
trisoenoe.com

Uruslah akun website fotografi ini dengan baik, Sobat harus serius dalam menjalaninya, sering melakukan upload dan juga berinteraksi dengan orang lain, dengan begitu maka jaringan Sobat akan bertambah banyak. Selain itu, jangan lupa untuk “menghipnotis” teman-teman Sobat di Instagram atau Deviantart ke website pribadi atau blog yang Sobat punya, karena kembali lagi, yang paling penting dari semua ini adalah blog Sobat sendiri.

Demikianlah Sobat, cerita cerita bagian kelima, dan Sobat tak perlu khawatir atau bersedih hati, penderitaan Sobat akan terus bertambah, karena saya akan terus menyambung penderitaan yang Sobat rasakan dengan artikel selanjutnya dengan judul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Gibah Bagian Keenam)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa turut menderita karenanya.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
Kitab Fotografi, Edisi Praktis Untuk Pemula Orang Awam
Beberapa sumber lain yang tidak mau disebutkan (bahkan mereka mengancam akan berbuat yang tidak-tidak kalau saya sampai berani menulis identitas mereka)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar