Rabu, 20 April 2016

Beauty Photography.....Mahakarya



Ciledug, Tangerang, Banten, Rabu, 20 April 2016

Sobat, dalam celoteh kali ini, kita akan coba membahas secara sekilas saja, tentang satu “semi” aliran dalam fotografi, yang Bernama beauty photography.

Definisi dari foto beauty adalah foto yang menampilkan atau memfokuskan kecantikan si obyek. Biasanya (tidak selalu!) foto ini berupa close-up atau tampak dekat, mulai dari ujung kepala hingga leher. Pada Beauty Photography, tata rias dan tata rambut yang diaplikasikan pada model menjadi fokus utama.

Ada pula foto beauty yang menampilkan detail beauty, atau hanya menampilkan bagian-bagian tertentu dari wajah yang ingin difokuskan seperti misalnya mata, hidung, bibir, dan sebagainya.

Foto beauty menampilkan suatu keindahan atau kecantikan dari si obyek secara keseluruhan. Dan secara umum, orang memandang kecantikan sebagai “sesuatu” yang harus ditampilkan secara sempurna, flawless, alias tanpa kekurangan sedikitpun.

Menurut saya, foto beauty termasuk salah satu kategori foto yang cukup sulit dalam pengaturan pencahayaannya. 

Kenapa? 

Jawabnya simple (tapi untuk mewujudkannya ternyata sangat sulit), foto beauty menuntut kesempurnaan secara absolut, baik dalam segi detail tata rias dan rambut, pose,hingga ekspresi wajah model. Untuk itulah pencahayaan juga perlu ditata dengan sempurna untuk menghasilkan foto yang sempurna pula. 

Berikut adalah foto-foto yang menampilkan atau boleh dikategorikan sebagai beauty photography, baik dalam perspektif secara keseluruhan, karena ada sebagian photografer yang punya pendapat kalau beauty photography lebih melihat sebagai keseluruhan, baik model maupun backgroundnya ataupun temanya, dan secara utuh pula!

Silahkan disimak!





Demikianlah penuturan super singkat tentang definisi dari beauty photography. Benar atau salah, cocok atau tidak cocok, semuanya kembali ke perspektifnya si fotografer itu sendiri. Seperti yang sudah saya tuturkan di tempo lalu, fotografi itu adalah perwujudan dari seni, dan seni bukanlah sesuatu yang bersifat mutlak!

Walaupun demikian, saya sependapat dengan beberapa rekan fotografer lain, yang lebih suka untuk menerangkan dan menggambarkan “beauty photography” ini ke dalam satu kalimat saja…

Mahakarya!

Demikianlah Sob, penuturan singkat kali ini. Semoga Sobat sekalian dapat terhibur karenanya.

(Tambahan ya Sob. kalau Sobat tertarik dengan aliran fotografi ini, silahkan mampir di artikel saya yang lain, yang juga mengulas tentang beauty fotografi. Judul artikel itu adalah: Beauty Photography (Atawe Foto yang Menusung Kecantikan), Satu Aliran dalam Fotografi, dan Penuturannya (Celoteh Bagian Pertama))

#One-day, One-photo, one-memory 

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

2 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus