Senin, 21 Februari 2022

URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Keempat


Sudut Kota "Toea"
Urban Photography
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Senin, 21 Februari 2022

Salam jepret duhai Sobat Jepret semuanya. Seperti yang sudah saya janjikan tempo hari, saya akan sambung artikel yang tempo hari sudah saya upload, dan artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel bagian ketiga (URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Ketiga), dan inilah artikelnya:

Masih mengulik tentang 8 Tips untuk menghasilkan jepretan urban photography yang ciamik, kalau dalam artikel sebelumnya, tips yang dikupas adalah tentang pilihan kamera yang sesuai dan permainan "hingar-bingar" warna dalam frame, maka tips selanjutnya adalah:

Sudut Kota "Toea" di saat Malam
Urban Photography
trisoenoe.com

3. Gunakan cahaya alami untuk membantu mode bidikan Sobat 

Hari mendung yang tidak terlalu gelap memang sangat pas untuk bidikan potret perkotaan, karena cahayanya lembut dan menyebar secara merata ke subjek Anda. Di sisi lain, hari yang cerah akan menciptakan kondisi pencahayaan yang sangat terang, yang kurang cihuy untuk foto portrait tetapi sebaliknya, malah akan menghasilkan foto yang ciamik untuk fotografi perkotaan dan arsitektural. Hari-hari cerah menghasilkan kontras, sorotan terang, dan bayangan gelap yang memungkinkan Sobat menampilkan geometri perkotaan dengan cara yang kreatif. Saat memotret fotografi malam, salah satu cara terbaik untuk menangkap nyawa dan juga irama dari kota adalah dengan menggunakan sumber cahaya alami kota seperti lampu jalan atau lampu neon untuk menerangi subjek utama Sobat. Untuk fotografer perkotaan pemula, pengaturan keseimbangan putih otomatis kamera Sobat adalah cara mudah untuk menghasilkan foto yang bagus di sebagian besar kondisi pencahayaan dinamis kota.

Sepeda Motor
trisoenoe.com

4. Gunakan kecepatan rana lambat untuk menangkap gerakan 

Mengetahui pengaturan kamera yang tepat untuk menangkap hiruk-pikuk lingkungan kota secara efektif sangat penting untuk keberhasilan fotografi perkotaan. Untuk menambahkan gerakan kabur ke foto Sobat, untuk memotret sepeda motor yang sedang melaju di sudut jalan, misalnya, Sobat mungkin lebih enak kalau menggunakan mode long exposure. Untuk melakukan ini, atur kamera Sobat ke mode prioritas rana dan pilih kecepatan rana lambat. Semakin lambat kecepatan rana pada kamera Sobat, semakin banyak gerakan kabur yang akan tertangkap dalam frame.

Sekian dulu untuk kesempatan saat ini ya Sob, dan selanjutnya artikel ini akan disambung ke Bagian kelima, dengan judul: "URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Kelima", semoga Sobat tidak bosan ya.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar