Minggu, 14 Januari 2024

8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Coretan Kedua)


Sungai (Soft Photography)
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 14 Januari 2024

Kalau dalam artikel sebelumnya yang kita ulas adalah teknik dalam pengambilan foto yang berkaitan dengan kamera, maka yang kita ulas dalam artikel ini lebih kepada “background” serta “apa yang ada di sekitar”  alias tempat (tentu saja dengan menyuguhkannya dalam atmosfer soft photography). Supaya Sobat tidak bingung, silahkan Sobat kulik kembali artikel babak pertama dalam tajuk: "8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Tulisan Pertama)", dan ini adalah artikel penerusnya:

Senja (Soft Photography)
trisoenoe.com

2. Temukan lokasi yang mempesona

Menemukan lokasi yang sempurna atau senada sangat penting untuk membuat orang percaya bahwa mereka sedang melihat alam mimpi, dan alam mimpi sangat bisa direpresentasikan dengan soft fotografi. 

Sobat dapat mencari tempat-tempat yang biasanya akan dikaitkan oleh orang orang dengan dunia mimpi, atau berkreasi dan memfantasikan sendiri alam mimpi tersebut.

Lokasi populer untuk potret semacam ini bisa berbagai macam, bisa lanskap, taman hiburan, Pantai, pegunungan dan bangunan tua. Tempat-tempat ini menampilkan banyak elemen visual yang dapat Sobat terjemahkan ke dalam elemen visual dalam frame.

Sungai (Soft Photography)
trisoenoe.com

Contohnya, Sobat dapat memvisualisasikan pemandangan indah yang dipenuhi dengan pepohonan dan disaput dengan sinar Mentari yang hangat untuk “mengingatkan” orang akan negeri di atas awan yang telah lama hilang. Sobat juga bisa menciptakan suasana yang tenang dan damai dengan mengambil foto di pantai saat senja, dengan ombak serta langit yang diwarnai dengan cahaya matahari senja. Atau Sobat juga dapat menggunakan foto bangunan dengan latar kondisi langit yang mendung pekat untuk membawa fantasi orang-orang pada kekuatan alam.

Menara (Soft Photography)
trisoenoe.com

Jika Sobat ternyata tidak kesusahan mendapatkan yang lokasi yang ajib untuk konsep potret yang Sobat inginkan, Sobat masih dapat membuat satu set di kamar atau studio atau ruangan lain di kediaman Sobat. Mimpi datang dari alam bawah sadar, jadi mengapa tidak memanfaatkannya dan mewujudkan impian Sobat menjadi kenyataan? Sobat dapat melakukan hampir semua hal yang ada dalam alam khayal Sobat. Tetapi, sebaiknyaa dihindari masuknya dalam frame berbagai gadget atau barang (perabot) yang berwarna mencolok, karena dapat mengurangi image “blur” dan samar serta redup seperti dalam impian.

Itulah Sobat, penuturan tentang 8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Coretan Kedua). Dan penuturan ini akan saya sambung lagi ke babak ketiga, dengan judul: “8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Renungan Ketiga)”, semoga Sobat bisa terhibur karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Malu bertanya, sesat menjawab!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar