Jumat, 19 Januari 2024

8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Obrolan Keempat)


Soft Photography
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Jum'at, 19 Januari 2024

Pada postingan yang keempat ini, yang kita omongkan adalah teknik pencahayaaan yang samar dan lembut, maka yang akan kita coba renungkan dalam artikel keempat ini adalah cara alias teknik yang anti mainstream dalam menjepret si obyek. Supaya Sobat bisa sedikit paham, silahkan Sobat baca kembali coretan pada bagian ketiga yang berjudul: "8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Renungan Ketiga)", dan ini adalah tulisan yang menjadi kelanjutannya:

4. Arahkan Lensa pada matahari Hingga Tercipta Suar Lensa

Cara hebat lainnya untuk mendapatkan efek indah adalah dengan menggunakan suar lensa. Melakukan teknik ini dengan benar pada awalnya bisa jadi cukup menantang, yaitu dengan mengarahkan lensa ke arah matahari. Tetapi, dengan metode ini saja tidak akan menjamin suar yang indah. Namun, dengan teknik yang tepat dan beberapa latihan, Sobat akan belajar mengabadikannya dalam foto Sobat dengan indah.

Soft Photography
trisoenoe.com

Yang harus Sobat lakukan adalah memposisikan lensa sehingga matahari berada di dalam bingkai dan gerakkan kamera secara perlahan hingga lingkaran konsentris muncul di layar. Sesuaikan terus posisi Sobat hingga Sobat melihat detail wajah subjek yang mau Sobat jepret dengan jelas meskipun ada suar. Tapi ingat, sebaiknya Sobat melihat obyek yang akan dibidik melalui tampilan pada layar LCD kamera dan sebaiknya menghindari melihat langsung melalui viewfinder. Alasannya cukup sederhana, kalau Sobat melihat obyek dengan teknik ini melalui viewfinder, maka intensitas cahaya yang masuk ke mata Sobat akan sangat tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat merusak mata.

Jika Sobat ingin garis sinar matahari terlihat jelas, gunakan aperture kecil antara f/11 hingga f/22. Namun, jika Sobat menginginkan tampilan yang lebih terang, gunakan aperture lebar seperti f/1.8 atau f/2.8.

Selain itu, karena subjek Sobat memiliki cahaya latar, ingatlah untuk menggunakan pengukur titik seperti saat memotret di dekat jendela. Sobat juga dapat menggunakan reflektor atau papan whiteboard atau bidang dengan permukaan untuk penerangan tambahan (melalui pantulan cahaya).

Itulah Sobat, obrolan yang membahas 8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Obrolan Keempat). Dan semua yang sudah saya tuangkan dalam artikel kali ini masih akan saya teruskan lagi ke celetukan kelima, dengan judul: “8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Celetukan Kelima)”, semoga Sobat bisa dapat senang karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata orang bijak jaman dahulu; "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, malah benjol kemudian!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar