Rabu, 17 Januari 2024

8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Renungan Ketiga)


Soft Photography
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 17 Januari 2024

Pada postingan sebelumnya yang kita bahas adalah lokasi foto yang mendukung tema dalam foto, maka yang akan kita kupas dalam artikel ini adalah kondisi alam, teknik pencahayaan serta waktu yang ciamik saat memotret. Supaya Sobat tidak pusing, silahkan Sobat baca kembali artikel tulisan kedua yang berjudul: "8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Coretan Kedua)", dan ini adalah tulisan penyambungnya:

Soft Photography
trisoenoe.com

3. Pencahayaan Yang Samar dan Lembut

Cahaya yang samar dan lembut merupakan komponen penting untuk mendapatkan foto yang indah. Alasan mengapa pencahayaan ini digunakan dalam sebagian besar rangkaian mimpi dalam film adalah karena ini membuat adegan tampak lebih murni dan hampir menggambarkan tentang apa yang kita lihat alam mimpi. Namun, Sobat tidak memerlukan lampu mahal untuk menerangi obyek dalam foto yang Sobat buat. Yang harus Sobat lakukan hanyalah menunggu kondisi luar ruangan yang tepat.

Percaya atau tidak, yang terbaik adalah memotret potret indah saat cuaca mendung. Karena awan menghalangi ketajaman sinar matahari, awan juga dapat menyebarkan cahaya lebih lembut dan merata. Hal ini menciptakan efek yang mirip dengan pencahayaan dalam softbox di studio atau jenis pencahayaan yang digunakan dalam film. Selain itu, efek bias Cahaya matahari pada saat mendung juga akan menghasilkan kontras rendah dan membuat obyek yang Sobat potret menjadi lebih bersinar.

Soft Photography
trisoenoe.com

Akan lebih baik lagi apabila Sobat memotret pada saat “momen emas” (Golden Hour), Golden hour adalah istilah popular di kalangan fotografer yang menandakan waktu terbaik tepat sebelum matahari terbit atau terbenam. Lokasi pengambilan foto tak hanya bisa di pantai, tetapi di tempat lainnya yang memiliki latar belakang yang berkesan memukau.

Dari segi istilah, golden hour yang berarti “moment keemasan” ini akan memberikan warna keemasan pada hasil jepretan Sobat. Hal ini karena pantulan sinar matahari terbit dan terbenam yang terekam kamera. 

Golden hour merujuk pada momen emas yang dapat dinikmati hanya di waktu matahari terbenam. Rentang waktu golden hour bisa dibilang cukup singkat, yakni sekitar 1 jam saja yakni sekitar pukul 6.00 sampai 7.00 di pagi hari dan pukul 17.30 sampai 18.30 di sore hari.

Karena waktu yang singkat inilah, penggila fotografi tak ingin melewatkan moment golden hour saat akan melakukan pemotretan. Alasan lainnya mengapa fotografer lebih menyukai golden hour untuk sesi jepret menjepret adalah pencahayaan yang lembut serta kaya warna yang dihasilkan dari sunrise dan sunset.

Adapun karya fotografi yang bisa diambil dari golden hour adalah landscape fotografi dengan latar belakang matahari terbit ataupun terbenam. Selain itu, pemotretan di moment golden hour juga cocok untuk pre wedding fotografi, art fotografi, hingga pemotretan model.

Itulah Sobat, renungan yang mengulik 8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Renungan Ketiga). Dan apa-apa yang saya tulis ini akan saya sambung lagi ke obrolan keempat, dengan tajuk: “8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Obrolan Keempat)”, semoga Sobat bisa tertawa bahagia karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Rajin pangkal pandai, hemat belum tentu kaya!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar