Sabtu, 23 April 2022

Asal Muasal Gagalnya Hunting Foto (Edisi Nasehat Ala Kadarnya dari Penghobi Jeprat-Jepret yang merangkap sebagai Fotografer Pemula, Tetapi Tanpa Kamera) - Coretan Pena Bagian Pertama


Penjual Kerak Telor - Street Photography
trisoenoe.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Sabtu, 23 April 2022

Pernahkah Sobat mengalami hal ini saat hunting? Berangkat dari rumah dengan semangat yang berkobar dihiasi dengan wajah yang sumringah, lengkap dengan peralatan tempur yang segubrak banyaknya, tapi, pada saat pulang ke rumah malah membawa muka yang semrawut, mulut manyun, dus potongan yang acak-adul. Kesal yang ditaburi dengan rasa mangkel. Kira-kira seperti itulah raut mukanya fotografer atau penghobi jeprat-jepret yang baru saja mengalami sesi hunting foto yang hancur lebur atawe kosong melompong, karena sama sekali tak menghasilkan satu foto acan yang bikin hati dia puas.

Padahal, tujuan paling utama dari hunting foto adalah boleh dapat jepret foto (yang super ciamik). Pulang dengan tangan kosong tanpa foto, boleh digolongkan sebagai mubazir level dewa. Dan seperti perkataan orang-orang bijak pada jaman dahulu; 'tidak ada kegagalan yang bisa bikin hati senang' (kecuali kalau gagalnya itu terjadi pada mantan yang gagal kawin!…hehehehe). 

Banyak fotografer yang mengalami hal itu, terutama buat sobat-sobat yang baru saja berkecimpung dalam dunia jepret menjepret alias fotografi (seperti saya).

Seniman - Street Photography
trisoenoe.com

Penyebab utama hunting foto berakhir jadi babak belur seperti ini biasanya karena sang fotografer punya anggapan kalau kegiatan hunting itu cuma sekedar iseng atawe kegiatan sambil lalu. Biasanya, fotografer-fotografer pemula itu berangkat dari sudut pandangnya orang-orang yang tak menyukai fotografi. Kebanyakan orang yang tidak hobby fotografi akan beranggapan kalau berburu foto ini hanyalah pengisi waktu senggang belaka.

Salah besar Sob, pemahaman yang seperti itu adalah pemahaman yang benar-benar sesat! 

Hunting foto yang “baik dan benar” dan sesuai dengan kaidah “OOF alias Oendang-Oendang Fotografi” itu bukanlah jalan-jalan iseng sambil bawa kamera yang bisa dilakukan setiap waktu. Bukan Sob!. Se-kacrut-kacrutnya hunting foto, tetap saja membutuhkan konsep, rencana, persiapan, kejelian, kewaspadaan, dan ketelitian dalam melakoninya.

Boleh saja kalau Sobat mengandalkan faktor untung-untungan belaka, tetapi apesnya, hunting foto dengan konsep untung-untungan itu sifatnya tidak pasti, dan biasanya hasilnya juga untung-untungan. Boleh jadi Sobat bisa dapat jepretan yang ciamik bin bagus dengan langkah ini, tapi bukan tak mungkin juga Sobat tidak mendapatkan apa-apa.

Kereta Mainan - Street Photography
trisoenoe.com

Tetapi, kalau sebelum berangkat Sobat sudah memiliki konsep yang jelas, sudah punya ancang-ancang yang pasti untuk alur fotonya nanti, sudah yakin juga dengan segenap hati, jiwa dan raga, kemungkinan besar Sobat bakal dapat foto yang ciamik juga akan semakin terbuka.

Saya cukupkan dulu untuk coretan yang pertama ini ya Sob, dan selanjutnya artikel ini akan disambung ke bagian selanjutnya, dengan judul: "Asal Muasal Gagalnya Hunting Foto (Edisi Nasehat Ala Kadarnya dari Penghobi Jeprat-Jepret yang merangkap sebagai Fotografer Pemula, Tetapi Tanpa Kamera) - Coretan Pena Bagian Kedua", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar