Selasa, 26 April 2022

Asal Muasal Gagalnya Hunting Foto (Edisi Nasehat Ala Kadarnya dari Penghobi Jeprat-Jepret yang merangkap sebagai Fotografer Pemula, Tetapi Tanpa Kamera) - Coretan Pena Bagian Kedua


Portrait Photography
(Candid Photography)
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Selasa, 26 April 2022

Salam hangat Sobat jepret semuanya. Kali ini, saya ada kabar baik yang rasanya harus saya kabarkan kepada Sobat semua. Kabar baiknya adalah: Artikel yang kemarin, yang judulnya "Asal Muasal Gagalnya Hunting Foto (Edisi Nasehat Ala Kadarnya dari Penghobi Jeprat-Jepret yang merangkap sebagai Fotografer Pemula, Tetapi Tanpa Kamera) - Coretan Pena Bagian Pertama", ternyata ada sambungannya atau kelanjutannya. 

Sobat jepret tidak percaya?

Saya akan buktikan, dan ini adalah buktinya alias artikel lanjutan dari artikel yang kemarin, silahkan dibaca:

Kalau mau diurut-urut, sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa bikin gagalnya sebuah acara berburu foto. Sebagian dari sebab itu sering sekali tak dianggap, tetapi terbukti bisa membuat sesi jepret menjepret itu hancur lebur tak keruan.

Coba lihat beberapa catatan di bawah ini dan tanyakan kepada diri Sobat, mana yang sudah pernah Sobat alami:

1. Asal berangkat, asal jalan alias tidak punya tujuan

Pernah merasakan keliling-keliling ke beberapa spot foto yang bagus dan tetap tidak dapat ketemu sama yang sreg di hati? Yah, itulah kemungkinan besar yang bakal terjadi kalau Sobat tidak menentukan sedari awal tujuan dan target jepret dimana hunting foto akan dieksekusi. Alhasil, seharian itu Sobat hanya berjalan wara-wiri ke sana dan ke sini tanpa dapat memotret barang satu jepretan acan.

2. Masih belum jelas mau jepret apa

Ada begitu banyak obyek foto di jalanan atau di spot tujuan, tetapi bingung kudu jepret yang mana dulu, atau, yang lebih gawat lagi, belum tahu apa yang mesti dijepret? Itu adalah hal yang bakalan terjadi kalau kita tidak tahu apa yang kudu dipotret, alias semenjak awal tidak menentukan apa yang jadi sasaran utama untuk dijepret. Endingnya bisa ditebak, begitu Sobat sampai di tempat tujuan, sobat malah hanya jadi penonton saja, sambil keker sana keker sini, tanpa pernah menjepret!

Panning
trisoenoe.com

3. Baterai lupa disetrum

Nah, ini biasanya kesalahan yang sangat jamak terjadi pada fotografer-fotografer pemula (seperti saya). Karena terlalu asyik menyusun dan mempersiapkan segala suatu untuk hunting potret, biasanya kita akan terlupa memeriksa kondisi baterai pada kamera. Alhasil, pada saat tiba di lokasi TKP, dan kamera sudah di tangan plus siap di jepret, baru ketahuan, kalau baterai sudah sangat low. Jadi sia-sia semua, karena hanya bisa jepret beberapa foto saja. 

4. Ogah jalan kaki

Berada di atas kendaraan akan membuat semua terlihat asal lewat saja. Padahal, hunting foto itu sebagian besar mengandalkan pada pengamatan seksama untuk menemukan obyek yang menarik. Dan pengamatan seksama sangat sulit dilakukan dari atas kendaraan yang sedang melaju. Angkot saja susah dapat sewa kalo ga ngetem, apalagi jepret alias motret.

Nah, itulah artikel pembuktian alias artikel bagian kedua, dan seperti yang sudah-sudah, artikel ini akan disambung ke bagian selanjutnya, dengan judul: "Asal Muasal Gagalnya Hunting Foto (Edisi Nasehat Ala Kadarnya dari Penghobi Jeprat-Jepret yang merangkap sebagai Fotografer Pemula, Tetapi Tanpa Kamera) - Coretan Pena Bagian Ketiga", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar