Senin, 28 Maret 2016

Edisi Hitam-Putih



Karet, Jakarta, Senin, 28 Maret 2016

Salam jumpa Sobat jepret semuanya. Kali ini saya akan coba mengulas tentang satu jenis genre dalam fotografi yang kebetulan tengah saya coba untuk tekuni, yaitu foto hitam putih. 

Dan dibawah ini adalah satu foto hitam putih yang akan kita coba untuk "kuliti" dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.


Kalau kita lihat foto di atas, kita bisa melihat perspektif dari si fotografer yang mencoba untuk mendapatkan satu sudut yang berbeda dari si model. Foto itu mencoba memadukan antara foto close up dengan yang dikemas dengan hitam dan putih. Berfokus pada area mata si model, dimana ekspresi dari si model turut memperkuat aura dari keseluruhan foto. Seandainya foto tersebut tidak ditampilkan dalam komposisi hitam dan putih, dan tidak dikemas dalam perspektif close-up, tentunya "pesan" yang akan disampaikan oleh foto terebut akan sangat berbeda.

Kekuatan sebuah fotografi hitam putih terletak pada gradasi warna hitam putih itu sendiri. Fotografi hitam putih juga mengandalkan bentuk dan garis. Kombinasi bentuk, garis, dan gradasi warna hitam-putih membangun irama dalam sebuah karya fotografi hitam putih. Seringkali foto hitam putih terasa lebih dramatis dan lebih kuat pesannya daripada foto berwarnanya sendiri. 

kelebihan dari foto hitam putih adalah; mampu menyampaikan kesan murni serta emosi yang sangat kuat, dan hal inilah yang mendasari mengapa sampai saat ini sebagian fotografer tetap bertahan dengan idealisme hitam putihnya.  

Supaya Sobat bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas, ada baiknya Sobat juga membaca artikel yang berjudul: "Fotografi Hitam Putih - Kenikmatan Dalam Foto Hitam Putih", dan juga artikel yang berjudul: "FOTOGRAFI HITAM PUTIH - MEMOTRET "SEGALANYA"..........TANPA WARNA !". Dalam kedua artikel tersebut, ada penjelasan yang lebih rinci dan lebih mendalam mengenai foto hitam dan putih.

Demikianlah Sob, sedikit ulasan mengenai foto hitam putih, semoga dapat menghibur Sobat semuanya.

Tetap sehat, tetap semangat!

Artikel diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

1 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus