Senin, 28 Maret 2016

EDISI ULASAN FOTO!


Karet, Jakarta, Senin, 28 Maret 2016

Edisi kali ini masih tentang fotografi!

Dalam edisi ini, saya posting hasil jepretan temen-temen di komunitas fotografi Banana’s Photography, yang menurut saya, luar biasa.


In Frame: Siti Hafsah
FG: Arsya

Dalam foto di atas (dari perpektif saya tentunya), si fotografer(FG) berusaha untuk menangkap sisi roman sekaligus sudut feminim dari si model, lewat pengambilan potret dari sisi samping, yang mempertegas karakter si model. Fotografer seakan-akan berusaha untuk menggiring titik fokus siapa saja yang melihat foto ini ke dalam sudut pandang yang sama dengan fotografernya (dalam artian, perspektif subyektifnya FG lebih dominan!). Juga dari komposisi pemilihan warna, selain karakter feminim yang ditonjolkan, karakter “kuat” alias “strong!” juga dibalur disekitar aura roman yang mengalun tipis difoto ini!

Walaupun foto di atas boleh dibilang konservatif (mengusung tema portrait tentunya), tapi tetap ada yang unik dari atmosfernya. Pemilihan latar merah tentu saja semakin memperkuat point of interest dari si obyek foto. Dengan busana yang yang kontras dengan latarnya, si obyek semakin terlihat menonjol dan mampu "meredam" obyek lain di dalam frame. Efeknya dapat ditebak, si model dalam foto di atas menjadi central fokus bagi siapa saja yang melihat foto tersebut.

Penghargaan terbesar untuk fotografer dan juga model di foto itu.

Catatan:
Fotografi Portrait (Potret) adalah teknik fotografi yang menangkap image manusia atau model secara dekat atau dengan latar yang blur atau bisa juga dengan latar belakang yang sangat kontras. Tujuannya adalah menonjolkan si model dalam frame tersebut. Untuk saat ini, foto portrait ini semakin berkembang dengan memadukan berbagai teknik atau pendekatan teknik fotografi yang berbeda.

Supaya berimbang, silahkan baca juga artikel yang sangat menarik, yang mengulas tentang foto portrait dengan judul: "Apa Sih Bedanya Fotografi Model & Portrait?".

Demikianlah ulasan singkat kali ini, semoga Sobat dapat terhibur karenanya.

Akhir kata, tetap sehat, tetap semangat, dan jangan pernah berhenti memotret.

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus